Articles
26th May 2015Posted in: Articles 0
Persiapan Souvenir Dalam Rangkaian Upacara Pernikahan

Saat resepsi pernikahan digelar, umumnya pihak Manten akan memberikan souvenir sebagai tanda terima kasih atas kehadiran dan doa restu dari para tamu undangan. Tapi, selain resepsi pernikahan, masih ada beberapa moment lagi dalam rangkaian upacara pernikahan, di mana sebaiknya pihak Manten juga menyediakan souvenir.

Sebelum sampai ke hari H, biasanya Calon Manten harus melalui berbagai upacara, baik yang bersifat keagamaan maupun yang berpatokan pada adat istiadat. Misalnya siraman, midodareni, malam bainai, pengajian, lamaran, dan lain-lain. Pada acara-acara tersebut, seringkali pihak keluarga Calon Manten akan mengundang teman maupun kerabat dekat. Untuk itulah perlu disediakan souvenir.

Selain bagi tamu undangan, seringkali, banyak anggota keluarga yang terlibat dalam moment-moment tersebut. Kebaikan mereka meluangkan waktu dan tenaga untuk menangani sebuah event yang cukup rumit, patut diganjar ucapan terimakasih, salah satunya dapat berupa souvenir.

Mengacu pada siapa saja yang akan diberikan souvenir, dan pada moment apa saja souvenir tersebut diberikan, patut dipikirkan souvenir seperti apa yang tepat untuk dipersiapkan.

Dalam rangkaian upacara pernikahan, resepsi adalah moment yang paling banyak mengundang tamu. Sementara di acara pra pernikahan, biasanya yang diundang jauh lebih sedikit. Apalagi jika acara memang ditujukan hanya untuk orang terdekat. Ini lah saatnya Calon Manten bisa menyediakan souvenir yang cukup personal. Misalnya, dengan membordir nama tamu di souvenir. Atau memilihkan sesuai dengan warna kesukaan.

Selain mempersonalisasi souvenir, sesuaikan pula tanda mata dengan acara. Misalnya untuk acara pengajaian, dapat memberikan jilbab, mukena, atau sajadah. Sementara di acara siraman, bisa mengemas handuk cantik untuk dibagi-bagikan bagi teman dan keluarga yang hadir. Di acara yang sifatnya tradisional, dapat memilih benda-benda atau makanan unik yang lazim ditemui di daerah asal keluarga besar Calon Manten.

Selain undangan dan keluarga, souvenir juga dapat diberikan sebagai ucapan terima kasih untuk para penyedia barang dan jasa dalam rangkaian upacara pernikahan Calon Manten. Walaupun hubungan dengan mereka bersifat profesional, namun biasanya, seiring waktu akan muncul relasi emosional. Apalagi kehadiran mereka di dalam acara yang bersifat sangat personal, yaitu pernikahan. Jika pelayanan yang mereka berikan begitu berkesan di hati, biasanya Calon Manten pun tergerak untuk memberi ucapan terima kasih. Souvenir adalah cara sederhana namun berkesan bagi penerimanya.

Jadi, jangan lupa merinci jumlah dan jenis-jenis souvenir di list persiapan pernikahan, jangan sampai ada yang ketinggalan. (dw/calonmanten.com)

Leave a Reply