Articles
25th Jun 2015Posted in: Articles 0
Persiapan Pernikahan di Bulan Ramadhan

Idealnya di bulan Ramadhan ini, berbagai aktivitas tetap dilakukan seperti biasa, termasuk mempersiapkan pernikahan. Ada banyak keistimewaan bulan Ramadhan bagi Calon Manten loh, jangan sampai melewatkannya!
Di Indonesia, terutama di kawasan pulau Jawa, yang penduduknya mayoritas muslim, tak banyak pernikahan berlangsung di bulan Ramadhan. Hal ini bisa berarti, berbagai penyedia jasa layanan untuk pesta Pernikahan juga sedang tak terlalu sibuk. Karena itu, manfaatkan moment ini, jangan sampai Calon Manten juga ikut kendor persiapannya.

Saat para vendor sedang tak sibuk, mereka biasanya lebih mudah ditemui, lebih fleksibel dalam membuat janji, juga lebih konsentrasi saat sesi konsultasi. Untuk rias pengantin misalnya, biasanya perias yang nanti menangani Calon Manten langsung hanya dapat ditemui di hari-hari kerja, mungkin juga dengan waktu terbatas. Tetapi saat tidak ada yang sedang mereka tangani, Calon Manten bisa bertemu langsung, dan berkonsultasi panjang lebar. Menyesuaikan keadaan kulit dengan make up, atau memilah-milih nuansa warna yang tepat.

Bagi kamu yang tak mudah mengalami naik-turun berat badan, fitting saat bulan Ramadhan juga baik dilakukan. Tak sekedar menyocokan ukuran, tapi juga menyocokan model dan warna sesuai harapan. Di bulan Ramadhan, kemungkinan besar koleksi gallery pengantin sedang lengkap tersedia di dalam gallery, tak ada yang keluar karena dipakai Manten lain, atau sedang mengalami proses pencucian. Kesempatan ini bisa digunakan untuk puas melihat berbagai pilihan yang ada.

Di sisi lain, bagi Calon Manten yang hari H nya tak jauh dengan hari Lebaran, juga harus memastikan semua persiapan sudah rampung di bulan Ramadhan. Beberapa vendor mungkin punya banyak waktu luang di bulan ini, tapi mereka juga biasanya punya libur yang panjang menyambut Idul Fitri. Minimal, 10 hari sebelum Lebaran, semua pertemuan dan konsultasi telah rampung dilakukan.

Selain liburan, beberapa vendor penyedia jasa untuk pesta pernikahan juga kemungkinan akan sangat sibuk di hari Lebaran. Seperti catering misalnya, kebanyakan dari mereka menerima job untuk acara open house Lebaran dan Halal Bihalal setelahnya. Bahkan, beberapa juga tetap sibuk melayani acara buka bersama berbagai instansi swasta dan pemerintahan sepanjang bulan Ramadhan. Banyaknya event ini bisa digunakan untuk test food, memastikan masakan mereka benar-benar sesuai selera Calon Manten, walaupun mereka memasaknya dalam porsi besar. Jika venue pernikahan Calon Manten adalah gedung perkantoran, pastikan semua sudah confirm sebelum mereka memasuki libur lebaran. Jika acara pernikahan Calon Manten berlangsung di saat bagian administrasi gedung masih dalam masa libur Lebaran, Calon Manten harus sudah menemui atau setidaknya memiliki kontak orang yang akan bertanggungjawab di hari H nanti. Minta pula no kontak atasannya, atau dua atau tiga nomor cadangan lainnya yang bisa dihubungi untuk keadaan darurat.

Tak hanya soal vendor, biasanya Calon Manten sendiri juga punya waktu lebih luang di bulan Ramadhan karena tak banyak kegiatan. Acara konsultasi atau survey bisa berlangsung lancar tanpa harus tersela jeda makan siang/malam. Selain itu, di bulan Ramadhan, keluarga besar cenderung lebih sering berkumpul. Jangan lupa manfaatkan moment tersebut untuk memantangkan persiapan pernikahan, sekalian rame-rame fitting baju di gallery.
Keistimewaan seperti ini mungkin tak terjadi di setiap bulan, jadi jangan sampai terlewatkan ya! (dw/calonmanten.com)

Leave a Reply