Articles
27th Feb 2015Posted in: Articles 0
Mengakali Budget Pesta Pernikahan

Budget mungkin adalah salah satu penghalang paling besar bagi seseorang untuk menyegerakan pernikahannya. Di bulan penuh cinta ini, waktunya kita singkirkan halangan tersebut dengan mencari point-point yang masih bisa diakali dengan budget rendah, tanpa perlu menurunkan kualitas pesta pernikahan sesuai harapan.
Kunci dari menghemat budget adalah, kreatif dan berani beda. Jika tidak berani beda, maka upaya menurunkan budget akan nampak dengan jelas. Tapi, kalau berani beda, yang terlihat adalah bahwa kita sekedar berbeda, dan bukannya lagi ngirit šŸ˜‰

Undangan
Item ini paling asyik ā€˜diutakatikā€™, soā€¦daripada pakai undangan dengan kertas fancy super tebal, kenapa gak bikin konsep undangan yang unik yang dapat menggunakan material murah atau dengan ukuran lebih kecil? Atau, buatlah undangan virtual via internet.

Souvenir
Ini juga seru untuk dipikirkan benda apa saja yang cukup unik tapi gak perlu mahal. Bahkan, kamu juga bisa bikin souvenir sendiri yang tentunya dicicil dari jauh-jauh hari. Gak perlu sesuatu yang seragam secara bentuk dan ukuran, yang penting masih sesuai dengan tema, tamu pun bisa melihat koneksinya.

Foto
Susah sih menandingi kemampuan profesional dalam hal ini. Apalagi moment pernikahan kan hanya Satu kali, kalau foto-foto yang dihasilkan gak oke, sedih banget pastinya. Tapiiiiā€¦bisa lah diakalin dengan meminimalisir paket misalnya. Ambil hanya untuk dokumentasi utama. Sisanya, kerahkan teman dan keluarga. Bisa juga loh bikin account sosial media, di mana teman-teman yang datang bisa upload foto-foto yang mereka capture di hari pernikahan kamu. Selain seru-seruan bisa tag-tag an, kamu juga bisa memanfaatkan foto-foto tersebut. Boleh juga kasih reward bagi mereka yang upload foto, kirimkan souvenir tanda terimakasih.

Busana Pengantin
Daripada menghabiskan banyak biaya untuk membuat atau membeli baju pernikahan, yang kemungkinan besar nantinya akan susah mendapatkan acara yang cocok untuk mengenakannya kembali, padahal harganya hampir pasti akan sangat mahal, lebih baik menyewa saja di gallery yang memiliki koleksi menarik. Bisa sih harga busana pernikahan ditekan, tapi hasilnya tentu akan sulit untuk outstanding, padahal sebagai pengantin, tentu harus terlihat beda dari pada tamu undangan, yang tentunya mereka pun akan mengenakan baju terbaiknya. Sebaliknya, jika sewa, dengan harga yang sama, bisa mendapatkan busana yang jauh lebih indah dan elegan, lengkap dengan aksesoris cantik pendukungnya.

Venue
Tak melulu harus menyewa gedung, dengan menyewa rumah tetangga atau saudara juga tetap bisa mewujudkan pesta pernikahan yang indah dan elegan, bahkan mewah. Selama kapasitas memungkinkan, kenapa tidak? Selain rumah, bisa juga menikah di taman-taman komplek misalnya. Atau Masjid komplek yang mana banyak juga yang memiliki arsitektur indah. Tempat-tempat seperti ini justru mudah diset untuk menjadi venue pesta yang unik dengan suasana akrab, tanpa perlu terlihat terlalu sederhana.

Kerahkan keluarga dan teman
Ingat-ingat pihak keluarga dan teman yang sekiranya bisa membantu berbagai aspek dalam acara pernikahan kamu. Jika ada satu dua saja, lumayan bisa menghemat biaya yang harusnya kamu bayarkan pada vendor profesional. Walau resikonya tentu kamu harus banyak terlibat memberi instruksi yang jelas.

Bundling, promo dan bonus
Saat ini, banyak penyedia kebutuhan pesta pernikahan yang mempunyai paket-paket menarik. Tidak hanya isi paketnya lengkap, tapi harganya juga cukup kompetitif dibandingkan kamu ā€˜membeli secara ketenganā€™ atau deal satu per satu dengan para vendor. Selain itu, banyak pula penyedia kebutuhan pesta pernikahan yang sering mengadakan promo, baik di wedding expo, saat valentine, atau saat ulangtahun perusahaannya. Pasang mata dan telinga, karena promo atau bonus yang mereka tawarkan seringkali mampu memberi perubahan yang signifikan dalam rancangan budget pernikahan kamu.

Be creativeā€¦.and donā€™t let the trouble stop you! ļŠ (dw/calonmanten.com)

Leave a Reply